Nama Gelar Bachelor of Geoscience - BGeoSc (S1 Geosains atau Geologi)
Lama Program 3 tahun 
Kampus University of New England, Armidale - Australia (00003G)
Penerimaan Semester 1 & 2
CRICOS Code 061319E
Syarat Bahasa Minimal setara IELTS 6.0 dengan nilai masing-masing band min 5.5. 
Syarat Akademis Minimal setara SMA 3/Kelas 12 dengan raport rata-rata 8.5
Cara Mendaftar Lihat pada bagian selanjutnya
 Biaya Kuliah

(2019) AU$29.400 per tahun

Perbandingan program sejenis di universitas lain:

  • B. Science (Geology) di University of Tasmania, lama 3 tahun, AU$ 23.962,50 per thn
  • B. Science (Energy Geoscience) di The University of Adelaide, lama 3 tahun, AU$ 39.133,33 per thn
  • B. Science (Mineral Geoscience) di The University of Adelaide, lama 3 tahun, AU$ 39.133,33 per thn 


Geoscience dan geology adalah program studi yang sangat khusus, hanya beberapa universitas di Australia saja yang menawarkan, termasuk UNE.  Struktur kurikulum progrma geoscience di UNE sangat inovatif yang terdiri dari teori geologi yang digabungkan dengan teknik-teknik pemetaan GIS/geospatial modern. Topik teori geologi yang dipelajari antara lain, resource geology and environmental issues; optical mineralogy and igneous petrology; ore deposit geology; exploration and environmental geochemistry; structural and metamorphic geology; field mapping and sedimentology; palaeontology and stratigraphy; dan applied geophysics.

Mahasiswa yang menyelesaikan dengan rata-rata GPA 5.5 atau lebih akan diperbolehkan untuk meneruskan ke tahun Honours in Geology selama 1 tahun agar lulus dengan  Bachelor of Science with Honours. BSc (Hons) dapat langsung melanjutkan ke jenjang Doctor of Philosophy (PhD) di Australia atau negara lainnya.

Fasilitas Lengkap

UNE terletak di kawasan New England Orogen yang kaya akan berbagai macam sifat geology sehingga mendukung kegiatan fieldwork. The New England Orogen adalah laboratorium alami yang sangat baik untuk ilmu geology dan sangat mudah diakses oleh mahasiswa geoscience UNE. UNE memiliki beberapa fasilitas laboratorium dan laboratorium yang mutakhir. Fasilitas penunjang bagi mahasiswa seperti student village (akomodasi), fitnes centre dan tempat istirahat terbuka mahasiswa juga sangat baik.  

Program Pertukaran Mahasiswa

UNE memiliki program pertukaran mahasiswa di Amerika, Eropa, Asia dan New Zealand. Mahasiswa dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa selama 1 semester tanpa tambahan biaya dan menambah dimensi internasional dalam kualifikasi yang diraihnya.

Prospek Kerja di Australia

Ajukan Post-Study Working Visa (485) dalam 6 bulan setelah lulus untuk mendapatkan visa kerja selama 2 tahun.

Karena menggabungkan teknik GIS/geospasial yang khusus untuk keperluan geology, lulusan UNE mendapat banyak mendapat kesempatan kerja. Peluang terbuka di berbagai perusahaan pertambangan di Australia. Australia adalah salah satu exportir hasil tambang mineral dan batu bara terbesar di dunia. Selain itu peluang juga terbuka di pusat-pusat penelitian seperti CSIRO, badan pemerintah seperti geological surveys/Geoscience Australia, biro konsultan geologi atau lingkungan, sektor pendidikan dan laannya. Gaji rata-rata geologist di Australia berkisar AUD 124.750 per tahun.

Cara Mendaftar

  1. Sampaikan kepada MBA Pratama dalam bentuk scan atau hard copy, salinan raport Kelas 3 (semester 5 dan 6). Peluang penerimaan langsung untuk nilai rata-rata min 8,5 dengan nilai 8,5 untuk matematika dan kimia. Konsultasikan peluang penerimaan anda yang memiliki nilai rata-rata raport dibawah persyaratan.
  2. Sampaikan kepada MBA Pratama dalam bentuk scan atau hard copy, salinan hasil tes IELTS atau TOEFL yang dilakukan tidak lebih 2 tahun yang lalu. Bila belum memiliki nilai IELTS atau TOEFL, dapat melakukan persiapan bahasa di UNE ELC min 1 module selama 10 minggu sebelum dimulainya penerimaan. Biaya ELC adalah AU$ 4200 per module. Setelah menyelesaikan program ELC, mahasiswa dapat masuk tanpa harus melakukan tes TOEFL atau IELTS.
  3. Salinan paspor yang masih berlaku minimum 6 bulan ke depan
  4. Berdasarkan data-data yang disampaikan kepada kami, kami akan melakukan pendaftaran bagi anda. Jawaban dari UNE rata-rata 4 minggu
  5. Apabila diterima, rincian biaya-biaya akan dicantumkan dalam surat penerimaan. Biaya-biaya tersebut terdiri dari biaya kuliah semester pertama, asuransi kesehatan OSHC dan Student Amenities.
  6. Setelah pembayaran dilakukan, UNE akan menerbitkan dokumen COE yang menjadi salah satu berkas pengurusan student visa. Proses pengurusan student visa dapat dimulai. Lama proses pengurusan student visa rata-rata adalah 14 hari

Informasi Lebih Lanjut

Masih memiliki pertanyaan mengenai program ini atau mengenai kehidupan sebagai mahasiswa di Australia, biaya hidup dan lainnya? Silahkan hubungi kami dengan mencantumkan nama program yang ingin ditanyakan.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Main Menu Eng