Nama Gelar Bachelor of Urban and Regional Planning - BUrbRegPlan (S1 Tata Kota dan Perencanaan Wilayah)
Lama Program 4 tahun termasuk tahun honours
Kampus University of New England, Armidale - Australia (00003G)
Penerimaan Semester 1 & 2
CRICOS Code 000376A
Syarat Bahasa Minimal setara IELTS 6.0 dengan nilai masing-masing band min 5.5. 
Syarat Akademis Minimal setara SMA 3/Kelas 12 dengan raport rata-rata 8,5
Cara Mendaftar Lihat pada bagian selanjutnya
 Biaya Kuliah

(2019) AU$26.250 per tahun

Perbandingan program sejenis di universitas lain:

  • B. Architecture and Build Environment di University of Tasmania, lama 3 tahun, AU$ 20.962,50 per thn
  • B. Architectural Design di The University of Adelaide, lama 3 tahun, AU$ 35.666,67 per thn
  • B. Design di The University of Western Australia, lama 3 tahun, AU$ 36.700 per thn
  • B. Architectural Design di Monash University, lama 3 tahun, AU$ 39.795 per thn
  • B. Architectural Design di The University of Queensland, lama 3 tahun, AU$ 47.881,33 per thn
  • B. Architecture and Environment di The University of Sydney, lama 3 tahun, AU$ 42.000 per thn
  • B. Design in Architecture di The University of Sydney, lama 3 tahun, AU$ 42.000 per thn
  • B. Planning di The University of New South Wales, lama 5 tahun, AU$ 42.822 per thn
 

Program ini mengantarkan para mahasiswa untuk memasuki karir profesional di bidang perencanaan dan tata kota. Profesi ini telah memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam membangun daerah-daerah Australia yang bersih, teratur lengkap dengan segala fasilitas umum dan penunjang sehingga nyaman untuk ditinggali maupun sebagai tempat usaha. Melalui profesi ini memungkinkan baik perkotaan maupun pedesaan di Australia memberikan kenyamanan hidup yang seimbang.

Planning/perencanaan adalah tentang merancang dan mengatur alokasi peruntukan sebuah wilayah yang serasi dan layak dihuni sepanjang masa, hemat energi serta ramah lingkungan. Oleh sebab program ini akan membekali para calon perencana atau Planners agar mampu mencermati segala aspek perencananaan meliputi peruntukan wilayah, kehdupan sosial termasuk aspek pendidikan, kesehatan, keamanan), kegiatan dan pertumbuhan ekonomi, kebutuhan sistem transportasi serta kualitas lingkungan yang asli dan asri secara profesional dan sesuai dengan nilai etika, hukum dan peraturan yang berlaku.

Pengalaman di tempat kerja adalah kekuatan dari program UNE ini yang akan diberikan kepada para mahasiswa melalui pengajaran praktikum serta penempatan magang.

Bagi mahasiswa berprestasi, pada tahun keempat akan diberikan tambahan mata kuliah GEPL338 and GEPL455 sehingga dapat lulus dengna predikat Honours. Lulusan dengan predikat ini boleh langsung melanjutkan ke jenjang S3. 

Fasilitas Lengkap

UNE memiliki beberapa fasilitas laboratorium dan laboratorium yang mutakhir. Fasilitas penunjang bagi mahasiswa seperti student village (akomodasi), fitnes centre dan tempat istirahat terbuka mahasiswa juga sangat baik.

Program Pertukaran Mahasiswa

UNE memiliki program pertukaran mahasiswa di Amerika, Eropa, Asia dan New Zealand. Mahasiswa dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa selama 1 semester tanpa tambahan biaya dan menambah dimensi internasional dalam kualifikasi yang diraihnya.

Prospek Kerja di Australia

Lulusan program ini sudah memenuhi syarat akademis untuk menjadi anggota Planning Institute of Australia dibawah salah satu cabangnya, Urban and Regional Planning Chapter of the Institute. Selama mengikuti pendidikan, para mahasiswa juga sudah diperbolehkan untuk menjadi mahasiswa anggota asosiasi ini agar membuka peluang kerja seluas-luasnya saat lulus nanti. Ajukan Post-Study Working Visa (485) dalam 6 bulan setelah lulus untuk mendapatkan visa kerja selama 2 tahun.

Permintaan sarjana arsitektur dan tatakota/tata wilayah sangat dibutuhkan di Australia. Rata-rata gaji lulusan ini di Australia adalah AU$ 81rb per tahun.  Sarjana Arsitektur dan Tatakota di Australia bekerja di pemerintahan baik lokal maupun pusat/federal, biro konsulan dan perusahaan swasta sebagai:

  • Arsitek dan perencana tatakota/tata wilayah
  • Pengelolaan lingkungan
  • Pengembangan masyarakat
  • Pengelolaan perhubungan, 
  • Konservasi tempat bersejarah
  • Perencanaan ekonomi wilayah 

Cara Mendaftar

  1. Sampaikan kepada MBA Pratama dalam bentuk scan atau hard copy, salinan raport Kelas 3 (semester 5 dan 6). Peluang penerimaan langsung untuk nilai rata-rata min 8,5 dengan nilai 8,5 untuk matematika dan kimia. Konsultasikan peluang penerimaan anda yang memiliki nilai rata-rata raport dibawah persyaratan.
  2. Sampaikan kepada MBA Pratama dalam bentuk scan atau hard copy, salinan hasil tes IELTS atau TOEFL yang dilakukan tidak lebih 2 tahun yang lalu. Bila belum memiliki nilai IELTS atau TOEFL, dapat melakukan persiapan bahasa di UNE ELC min 1 module selama 10 minggu sebelum dimulainya penerimaan. Biaya ELC adalah AU$ 4200 per module. Setelah menyelesaikan program ELC, mahasiswa dapat masuk tanpa harus melakukan tes TOEFL atau IELTS.
  3. Salinan paspor yang masih berlaku minimum 6 bulan ke depan
  4. Berdasarkan data-data yang disampaikan kepada kami, kami akan melakukan pendaftaran bagi anda. Jawaban dari UNE rata-rata 4 minggu
  5. Apabila diterima, rincian biaya-biaya akan dicantumkan dalam surat penerimaan. Biaya-biaya tersebut terdiri dari biaya kuliah semester pertama, asuransi kesehatan OSHC dan Student Amenities.
  6. Setelah pembayaran dilakukan, UNE akan menerbitkan dokumen COE yang menjadi salah satu berkas pengurusan student visa. Proses pengurusan student visa dapat dimulai. Lama proses pengurusan student visa rata-rata adalah 14 hari

Informasi Lebih Lanjut

Masih memiliki pertanyaan mengenai program ini atau mengenai kehidupan sebagai mahasiswa di Australia, biaya hidup dan lainnya? Silahkan hubungi kami dengan mencantumkan nama program yang ingin ditanyakan.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.