Nama Gelar

Bachelor of Computer Science - BCompSc (S1 Ilmu Komputer) dengan pilihan Major:

  • Data Science
  • Software Development
Lama Program

3 tahun. Bagi mahasiswa cumlaude tersedia tahun ke 4 sebagai tahun penelitian (honours) untuk kemudian melanjutkan langsung ke jenjang S3 (doktoral)

Program double degree BComSc dan Bachelor of Laws, lama 5 tahun

Kampus University of New England, Armidale - Australia (00003G)
Penerimaan Semester 1 & 2
CRICOS Code 005909C
Syarat Bahasa Minimal setara IELTS 6.0 dengan nilai masing-masing band min 5.5. 
Syarat Akademis Minimal setara SMA 3/Kelas 12 dengan raport rata-rata 8,5
Cara Mendaftar Lihat pada bagian selanjutnya
 Biaya Kuliah

(2019) AU$29.400 per tahun

Perbandingan program sejenis di UNE:

Perbandingan program sejenis di universitas lain:

  • B. Science (Computer Science) di University of Tasmania, lama 3 tahun, AU$ 23.962,50 per thn
  • B. Information and Communication Technology di University of Tasmania, lama 3 tahun, AU$ 22.087,50 per thn
  • B. Science (Computing and Software System) di The University of Melbourne, lama 3 tahun, AU$ 43.052 per thn
  • B. Computer Science di Monash University, lama 3 tahun, AU$ 43.933,67 per thn 
  • B. Computer Science di The University of Queensland, lama 3 tahun, AU$ 47.881,33 per thn
  • B. Advanced Computing di The University of Sydney, lama 4 tahun, AU$ 46.500 per thn
  • B. Science (Computer Science) di The University of New South Wales, lama 3 tahun, AU$ 48.780 per thn
  • B. Computer Science di The University of Adelaide, lama 4 tahun, AU$ 42.333 per thn
  • B. Science (Computer Science) di The University of Western Australia, lama 3 tahun, AU$ 37.800 per thn
  • B. Science (Computer Science) di The Australian National University, lama 3 tahun, AU$ 45.864 per thn
 

Program ini diawali dengan mata kuliah inti programming (dalam berbagai bahasa programing) dan pengembangan perangkat lunak (software engineering). Para mahasiswa akan melakukan tugas kelompok menggunakan cara-cara kolaborasi modern dalam mengembangan perangkat lunak hingga tahap layanan pengguna. Perangkat lunak yang dikembangkan harus yang benar-benar dibutuhkan di dunia nyata agar lulusan nantinya terbiasa mengidentifikasi permasalahan yang dapat dijawab melalui perangkat lunak yang dikembangkan.

Kemudian mahasiswa harus memilih setidaknya 1 major. Untuk major Software Development, mahasiswa akan memperdalam topik-topik seperti artificial intelligence, functional programming, development for the modern web, mobile development, and interaction design. Untuk major Data Science, mahasiswa akan memperdalam topik-topik yang berkaitan dengan penggunaan komputer dalam bidang Sains, antara lain statistical machine learning, distributed computing dan computational science. Mahasiswa juga dapat memilih kedua major sekaligus atau memillih satu major kemudian ditambahkan dengan beberapa mata kuliah dari major satunya yang diminati.

Fasilitas Lengkap

UNE memiliki beberapa fasilitas laboratorium pertanian yang mutakhir seperti lahan pertanian percontohan yang lengkap, laboratorium SMART Farms berteknologi tinggi dan Tullimba Research Feedlot. Fakultas Pertanian UNE adalah yang terbesar di Australia.

Program Pertukaran Mahasiswa

UNE memiliki program pertukaran mahasiswa di Amerika, Eropa, Asia dan New Zealand. Mahasiswa dapat mengikuti program pertukaran mahasiswa selama 1 semester tanpa tambahan biaya dan menambah dimensi internasional dalam kualifikasi yang diraihnya.

Prospek Kerja di Australia

Ajukan Post-Study Working Visa (485) dalam waktu 6 bulan setelah anda lulus. Iniah tiket anda untuk dapat bekerja sebagai sarjana komputer di Australia. 

Gelar BCompSc oleh UNE telah mendapatkan akreditasi profesi oleh Australian Computer Society (ACS). Lulusan bisa menjadi anggota ACS dan setelah bekerja di bidang ICT selama 3 tahun dapat mengajukan pengakuan sebagai Certified Professional (CP) dari ACS.

Permintaan sarjana komputer terus dibutuhkan. Rata-rata gaji lulusan computer science di Australia mulai dengan AU$ 50rb per tahun.  Dengan CP, penghasilan dapat berlipat 2-3 kali. Sarjana komputer di Australia dapat bekerja di berbagai jenis organisasi baik pemerintah maupun swasta sebagai:

  • Data Scientist
  • Software Engineer
  • Website and Mobile Application developer
  • Technology developer for science work

Bagi yang juga mendapatkan gelar sarjana hukum dari program double degree, juga dapat bejerka di bidang hukum yang berkaitan dengan komputer, atau menekuni karir kedua sebagai ahli hukum dan pengacara. Ahli hukum dan pengacara juga profesi yang sangat dibutuhkan di Australia.

Peluang kerja bagi profesi ini juga sangat tinggi di Indonesia dan negara lain di dunia.

Cara Mendaftar

  1. Sampaikan kepada MBA Pratama dalam bentuk scan atau hard copy, salinan raport Kelas 3 (semester 5 dan 6). Peluang penerimaan langsung untuk nilai rata-rata min 8,5 dengan nilai 8,5 untuk matematika dan kimia. Konsultasikan peluang penerimaan melalui jalur diploma bagi anda yang memiliki nilai rata-rata raport dibawah persyaratan.
  2. Sampaikan kepada MBA Pratama dalam bentuk scan atau hard copy, salinan hasil tes IELTS atau TOEFL yang dilakukan tidak lebih 2 tahun yang lalu. Bila belum memiliki nilai IELTS atau TOEFL, dapat melakukan persiapan bahasa di UNE ELC min 1 module selama 10 minggu sebelum dimulainya penerimaan. Biaya ELC adalah AU$ 4200 per module. Setelah menyelesaikan program ELC, mahasiswa dapat masuk tanpa harus melakukan tes TOEFL atau IELTS.
  3. Salinan paspor yang masih berlaku minimum 6 bulan ke depan
  4. Berdasarkan data-data yang disampaikan kepada kami, kami akan melakukan pendaftaran bagi anda. Jawaban dari UNE rata-rata 4 minggu
  5. Apabila diterima, rincian biaya-biaya akan dicantumkan dalam surat penerimaan. Biaya-biaya tersebut terdiri dari biaya kuliah semester pertama, asuransi kesehatan OSHC dan Student Amenities.
  6. Setelah pembayaran dilakukan, UNE akan menerbitkan dokumen COE yang menjadi salah satu berkas pengurusan student visa. Proses pengurusan student visa dapat dimulai. Lama proses pengurusan student visa rata-rata adalah 14 hari

Informasi Lebih Lanjut

Masih memiliki pertanyaan mengenai program ini atau mengenai kehidupan sebagai mahasiswa di Australia, biaya hidup dan lainnya? Silahkan hubungi kami dengan mencantumkan nama program yang ingin ditanyakan.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Main Menu Eng